Belajar Matematika Menyenangkan

permainan matematikaMatematika merupakan sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari ilmu lain, sehingga matematika itu saling berkaitan dengan ilmu lainnya. Matematika merupakan suatu perhitungan angka-angka yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia ini. Dan matematika juga merupakan ilmu dasar yang benar-benar mengolah otak. Sehingga matematika sering disebut sebagai ibu dari ilmu pengetahuan.

Namun yang disayangkan hanya sedikit siswa yang senang dengan Matematika dan justru menganggap matematika adalah peajaran yang menakutkan bagi mereka. Sebagai seorang pendidik atau guru matematika tentu saja perlu strategi tertentu agar siswa dapat menyenangi matematika. Salah satunya adalah dengan menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran seperti permainan-permainan berikut ini yang saya dapat dari laman P4TK Matematika.

Program interaktif PPPPTK Matematika

1. LATIHAN/DRILL OPERASI HITUNG

Nama Program Deskripsi
Tes
Berhitung 45 Detik
Digunakan untuk melatih ketrampilan/kecepatan
dalam melakukan operasi hitung dalam waktu 45 detik
Tes
Berhitung 60 Detik
Digunakan
untuk melatih keterampilan/kecepatan dalam melakukan operasi hitung dalam
waktu 60 detik
Tes
Hitung Pilihan Ganda
Digunakan
untuk melatih operasi hitung matematika dalam bentuk soal pilihan ganda.
Program ini dapat diset tingkat kesulitannya dan hasilnya dalam bentuk
skor tertinggi akan ditampilkan
Persamaan Linier
Digunakan
untuk melatih menyelesaikan persamaan linier. Tersedia tiga macam bentuk persamaan.
Tes Kecepatan:

Penjumlahan

Perkalian

Pembagian

Cara bermain

Suatu
permainan mencari pasangan dari hasil operasi hitung yang sekaligus dapat
digunakan untuk mengetes kecepatan dalam operasi hitung matematika
Tes Konsentrasi
:Penjumlahan

Perkalian

Cara bermain

Suatu
permainan untuk mengetes ingatan yang sekaligus digunakan juga untuk melatih
keterampilan operasi hitung

2. PROGRAM BANTU MATEMATIKA

Nama Program Deskripsi
Program bantu untuk menyelesaikan
persamaan linier 3 variabel
Program bantu operasi-operasi
matrik
Kalkulator yang mampu untuk
menggambar grafik
Program bantu kalkulator perhitungan
sederhana
Program bantu kalkulator perhitungan
yang lebih canggih
Program bantu untuk mengecek
bilangan prima
Program bantu untuk mengkonversi
bilangan desimal ke bilangan romawi atau sebaliknya dan mengecek apakah
bilangan romawi tersebut sudah betul
Program bantu untuk menyelesaikan
persamaan kuadrat
Tes pengetahuan
anda dalam menyelesaikan persamaan kuadrat
Program bantu untuk mengkonversi
bilangan dari suatu sistem ke sistem bilangan yang lain
Program bantu untuk mengkonversi
dari suatu satuan panjang ke satuan panjang yang lain
Program bantu untuk mengkonversi
suhu ke celcius, fahrenheit dan Kelvin
Menentukan
hari, pasaran dan tanggal Hijriyah dari suatu tanggal Masehi yang diinputkan
Berapa
umur anda selengkap-lengkapnya
Menentukan suatu sisi suatu segitiga siku-siku, jika diketahui 2 sisi yang lainnya.
Menunjukkan sifat-sifat bangun-bangun bidang datar. (Dibuat menggunakan GeoGebra)
Menunjukkan grafik persamaan kuadrat. (Dibuat menggunakan GeoGebra)

3. PERMAINAN/TEKA-TEKI MATEMATIKA

Nama Program  Deskripsi program
Anda diminta mengurutkan angka pada suatu kotak 3×3.
Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Sama dengan permainan kotak ajaib tetapi untuk permainan
ini dilengkapi dengan memilih tingkat kesukaran. Untuk menjalankannya
klik tulisan di kolom paling kiri.
Anda diminta menebak suatu
bilangan yang dibangkitkan oleh komputer dan anda diberi petunjuk dalam
menebaknya. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Ini versi lain dari program tebakan bilangan yang di atas. Selain berapa kali anda mampu menebaknya juga diberitahukan waktu sampai anda berhasil menebaknya. Maksud dari Hilo adalah HIgh untuk nilai tertinggi dan LOw untuk nilai terendahnya.
Anda diminta untuk mengambil suatu bilangan dalam pikiran
anda dan komputer akan menebak bilangan yang anda pikirkan dengan memberikan
pertanyaan yang anda harus jawab dengan betul. Untuk menjalankannya klik
tulisan di kolom paling kiri.
Program ini juga dapat membaca pikiran anda. Anda diminta untuk menentukan suatu
bilangan 2 digit, kemudian anda diminta mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan dan komputer akan menebak simbol yang sesuai dengan yang anda pikirkan. Cobalah!
Permainan untuk memecahkan masalah menara hanoi dalam
bentuk aplikasi internet. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling
kiri.
Permainan untuk menukarkan letak katak merah dengan
katak hijau. Permainan ini dibuat dengan program Java.
Loncat
katak (flash)
Permainan loncat katak versi Flash.
Ada tiga galon air yang hanya dapat memuat 3, 5 dan
8 liter air. Dua galon yang pertama kosong, dan yang terakhir terisi 8
liter. Dengan menuang air dari satu galon ke galon yang lain buatlah salah
satu gelas berisi air tepat 4 liter. Untuk menjalankannya klik tulisan
di kolom paling kiri.
Permainan untuk mengganti huruf-huruf dengan angka
sehingga membentuk ungkapan aritmetika yang valid. Untuk menjalankannya
klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan untuk mengisi kotak dengan angka sedemikian rupa sehingga setiap baris, setiap kolom dan setiap kotak 3×3 mengakomodasi angka-angka 1-9 tanpa ada perulangan. Permainan ini sangat terkenal di Jepang

4. PERMAINAN MENGASAH OTAK DAN INGATAN

Nama Program  Deskripsi program
Permainan Tic-Tac-Toe dengan kotak 3×3 melawan komputer.
Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan tic-tac-toe 3 dimensi melawan komputer atau
teman anda. Siapa yang mendapat 4 bola yang sebaris/sekolom/sediagonal
dialah pemenangnya. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom paling
kiri.
Permainan melawan komputer dengan mengklik 2 radio
button yang yang berdampingan untuk mendapatkan satu garis. Siapa yang
mendapatkan lebih banyak kotak dialah pemenangnya  Untuk menjalankannya
klik tulisan di kolom paling kiri.
Permainan dengan mencocokkan bola-bola dengan warna
sama yang bersebelahan yang akan menghilangkan bola tersebut.  Lebih
banyak anda menghilangkan bola tersebut sekali jalan, skornya menjadi
lebih tinggi. Selamat bermain. Untuk menjalankannya klik tulisan di kolom
paling kiri.
Permainan antara 2 orang untuk mendapatkan lebih banyak
kotak. Permainan ini hampir sama caranya dengan permainan titik di atas
tetapi yang ini untuk dimainkan 2 orang. Jadi setiap pemain bergiliran
menjalankan seseai warnanya yang ditampilkan oleh komputer. Untuk menjalankannya
klik tulisan di kolom paling kiri.
Anda diminta menebak letak suatu pasangan gambar. Ada
18 gambar yang anda harus tebak pasangannya. Jika anda berhasil akan diberitahukan
berapa lama anda dapat menyelesaikannya. Untuk menjalankannya klik tulisan
di kolom paling kiri.
Anda diminta membersihkan papan dengan cara melangkahkan
bola di atas bola lain. Bola yang “dilangkahi” akan hilang.
Jika ada lebih dari satu langkah, pilihlah yang mana anda mau melangkah.
Anda akan menang dengan menyisakan hanya satu bola (Penyelesaian terbaik
adalah dengan bola ini di tengah). Untuk menjalankannya klik tulisan di
kolom paling kiri.
Anda diminta menebak letak suatu pasangan gambar. Ada
10 gambar yang anda harus tebak pasangannya. Permainan ini hampir sama
dengan permainan konsentrasi di atas. Untuk menjalankannya klik tulisan
di kolom paling kiri.
MasterMind Berpikirlah untuk menemukan
kombinasi warna yang tepat. Untuk mengganti warna klik lingkarannya berulangkali.
Mengingat
gambar
Anda diminta mengingat suatu
gambar, setelah itu anda diberi suatu potongan gambar dan anda diminta menebak
potongan gambar itu ada di bagian  mana. Permainan ini dibatasi oleh
waktu (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)

  Gambar Jigsaw

Anda diminta untuk menyusun kembali potongan-potongan gambar yang sudah diacak.

  Tempatkan

Anda diminta untuk menempatkan potongan-potongan kotak pada tempat yang tepat sehingga tersusun kembali menjadi bentuk yang utuh. Anda dapat menentukan berapa banyak potongan yang anda inginkan. Semakin banyak potongannnya semakin sulit penyelesaiaannya
Permainan ini hampir sama
dengan permainan minesweeper-nya Windows.
Tukang Parkir Permainan untuk mengeluarkan
mobil dari tempat parkir
Simulasi permainan Rubik (kubus
ajaib) di komputer
Permainan ini menebak suatu kata yang berhubungan dengan matematika. anda mengetikkan huruf-huruf yang menyusunnya. Setiap huruf yang benar akan ditampilkan dan setiap kesalahan memilih huruf mengakibatkan gambar orang digantung. Selamat bermain.
Permainan ini menebak suatu kota yang akan disinggahi oleh mata-mata internasional. Mata-mata ini selalu berpindah-pindah kota. Tugas anda sebagai agen interpol adalah menyinggahi kota yang sama dengan mata-mata tersebut untuk dapat menangkapnya.

5. PERMAINAN KETANGKASAN

Nama Program Deskripsi Program
Falcon Coba anda kendalikan pesawat
Falcon ini (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)
JS
Gymkhana
Mengendalikan mobil dalam
sirkuit
Mario Permainan Marionette 2 (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)
Packman Permainan Packman
Tetris Permainan Tetris (Gunakan Internet Explorer untuk membukanya!)
Frozen Bubble Permainan menembakkan gelembung
ke gelembung yang di atas untuk menjatuhkan gelembung-gelembung dengan warna
sama. Permainan ini dibuat dengan program Java sehingga browser anda harus
sudah diinstali JRE (Java Runtime Environment) (Gunakan Mozilla Firefox untuk membukanya!)

6. MISTERI MATEMATIKA

Nama Program Deskripsi Program
Hanya dipindahkan, hilang
satu orang. Kok bisa?
64
= 65 ?
Bukti bahwa 64 = 65 ?
Hitung
Titik
Cobalah anda hitung titik
hitam yang ada digambar.
Pandang
Titik
Pandangi terus titik hitam,
maka kebut yang mengelilinginya semakin menjadi semakin kecil.
Beda
warna
Benarkah
warna merahnya sama ?
Baca
warna
bacalah warnanya jangan tulisannya,
loh!
garis
sejajar
coba lihat benarkah garis
tersebut tidak sejajar..?
Lingkaran
berputar
Mau lihat lingkaran berputar
Cari
wajah
Coba anda hitung berapa wajah
yang ada di gambar!
Cari
kuda
Coba anda hitung berapa kuda
yang ada di gambar!
Tes
mata
Apakah anda dapat membaca
tulisan yang ada di gambar?
Pohon
pemimpin
Lihatlah wajah-wajah yang
ada di pohon ini.
BapakTua/Ibu
Muda
Coba tebak gambarnya, bapak
tua atau kah ibu muda atau gambar yang lain?
Orang
jalan
Kumpulan huruf-huruf membentuk
gambar orang berjalan.
Naik/turun Coba perhatikan, orang dalam
gambar selalu naik tangga terus bisa kembali ke tempat semula? percaya…..
Segitiga Apakah anda bisa menyusun
komposisi seperti ini?

Semoga dengan bentuk permainan di atas akan menambah minat siswa untuk menyenangi Matematika. Semoga bermanfaat….

Sumber : P4TKMatematika.Org

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

4 Responses to Belajar Matematika Menyenangkan

  1. Fatur Thok mengatakan:

    Tantangan bagi guru matematika agar pembelajaran matematika tidak monoton dan kering. Biar matematika tidak hanya dianggap rumus, rumus dan rumus

  2. Melati mengatakan:

    Waahh sy sangat senang blog ini, dulu waktu sms sy suka skali dgn games matematika, dlu punya bukunya.. skarg udh gak pernah main lgi😦

  3. Ping-balik: Model-model Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013 | PENDIDIKAN MATEMATIKA

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: