UN Online dan DAPODIKMEN sebagai Acuan Perserta UN 2015 ?

unKementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai mencanangkan penerapan Ujian Nasional (UN) online bagi siswa. Namun, pelaksanaan ujian ini tidak serta-merta dilakukan sekaligus karena masih memerlukan penyesuaian, terutama mengenai kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah. Mulai tahun 2015 akan diterapkan UN dengan computer based test. Pemerintah akan menunjuk salah satu sekolah di tingkat kecamatan sebagai pusat tempat ujian. UN akan online dan offline. Soalnya akan dibuat lebih canggih, tanpa perlu ada kertas-kertas yang dicetak. Kemungkinan di satu provinsi akan ditunjuk 10–30 sekolah sebagai pusat tempat ujian.

Dengan UN online merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang kian pesat saat ini. Ini dapat mencegah beberapa masalah yang kerap terjadi saat UN, yaitu pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal karena  siswa akan menerima soal yang berbeda- beda. Kemudian pelaksanaan UN online akan dipersiapkan secara bertahap. Tahun ini, pelaksanaannya mulai diterapkan pada sekolah-sekolah Indonesia yang ada di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan Belanda.

Sebagai bahan latihan siswa untuk menghadapi UN, pihak kemdikbud melalui m-edukasi.kemdikbud.go.id memberikan fasilitas tryout Ujian Nasional yang bisa diakses melalui perangkat handphone dengan alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id. Aplikasi ini adalah sarana untuk tryout Ujian Nasional SMA. Selain tryout juga terdapat latihan soal dan penjelasannya. aplikasi tersebut dapat didownload  disini atun.apk dan install di handphone android anda.

Selanjutnya berkenaan dengan DAPODIKMEN sesuai dengan surat bernomor 6267/D/PR/2014 tanggal 1 Oktober 2014 itu diinformasikan bahwa periode pengiriman Data Pokok Pendidikan Menengah dari sekolah untuk calon peserta Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015 akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2014. Dengan demikian,  sekolah diharapkan sudah dapat memastikan data sekolah, data PTK khusus Kepala Sekolah, data peserta didik dan data rombongan belajar tersisi dengan lengkap. Selanjutnya data peserta ujian tersebut akan disampaikan ke Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemdikbud.

Lebih lanjut diinformasikan bahwa penjaringan data DAPODIKMEN ini dimulai tanggal 1 Oktober 2014 menggunakan aplikasi versi 8.03 dan dapat didownload di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.

Sumber :  kemdikbud.go.id dan Koran sindo

 

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

6 Responses to UN Online dan DAPODIKMEN sebagai Acuan Perserta UN 2015 ?

  1. Ping-balik: Model-model Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013 | PENDIDIKAN MATEMATIKA

  2. aan fai mengatakan:

    kalaou UN online ngga ribet ya?

  3. Rukmini mengatakan:

    Sya setuju sjaa klo adanya ujian teks online .. Tpii 2015 2016

  4. Anan DuaTiga mengatakan:

    Saya kurang setuju kalo UN pake sistem Online
    #SMPNegeri1Merauke

  5. Akhmad Basir mengatakan:

    saya kurang setuju kalo online.
    aplikasi atun ini kayak nya masih kurang bagus,
    saya udah mencoba di website nya kyk nya masih belum sempurna,
    #cmiw

  6. rohim lampung mengatakan:

    ujian nasional sekarang membingungkan. . .
    Tidak pasti . .bkin murit bingung

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: