Cerita Perjalanan ke Tiga Negara (Thailand, Malaysia, dan Singapura)

pklMengenal budaya negara lain merupakan hal yang perlu terutama nanti saat sudah pemberlakuan pasar bebas asia yang lebih dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai berlaku di penghujung 2015. Adapun untuk mengenal dan memahami kebudayaan negara lain tentunya kita harus berada dekat dengan mereka dan mengunjunginya. Ini juga merupakan kegiatan pembelajaran bagi kita, karena pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa memandang umur dan waktu.

Salah satu proses pembelajaran tersebut adalah melalui proses belajar dari pengalaman yang dapat dilakukan dengan mengikutkan proses yang dialami secara pribadi maupun pengalaman yang dialami oleh orang lain. Sehingga nantinya mampu untuk diterapkan dalam kehidupan terutama dalam menghadapi persaingan dengan mereka. Mata kuliah PKL merupakan mata kuliah wajib yang mesti diikuti oleh seluruh mahasiswa. Dalam hal ini kegiatan PKL yang diadakan di Universitas Sriwijaya diarahkan dengan pelakasanaan kunjungan ke beberapa negara yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura. Berikut sedikit cerita perjalanan saya dalam kegiatan PKL ke tiga negara.

1. Malaysia

Penerbangan berjalan lebih kurang selama 60 menit dari bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang ke Kuala Lumpur. Setibanya disana dan setelah proses imigrasi di keimgrasian negara Malaysia diadakan briefing lanjutan tentang kegiatan kegiatan yang akan dilaksanakan.

IMG_20141112_075743Secara garis besar untuk kegiatan Malaysia akan dilakukan secara dua tahap. Tahap pertama waktu sebelum keberangkatan ke negara Thailand dan sekembalinya dari negara Thailand. Pada tahap pertama kegiatan kegiatan di Negara Malaysia adalah mengunjungi tempat tempat istimewa yang merupakan menjadi bagian dari ciri ciri khas negara negara bagian dari Malaysia. Salah satunya adalah mengunjungi sirkuit mobil balap formula satu di Sepang.

sepangSalah satu tempat lain yang dikunjungi adalah Masjid Putra Jaya. Masjid putra jaya ini sendiri merupakan masjid besar kebanggaan dari warga Malaysia yang merupakan negara yang mayoritas masyrakatnya beragama muslim. Disini disajikan suatu pemandangan yang bersifat artistik karena gabungan dari beragam budaya di Malaysia.Setelah puas di Masjid Putra Jaya maka perjalanan di lanjutkan ke Hat Yat kota wisata di negara Thailand. Pada tahap pertama ini istrihat di lakukan di dalam bis tour.

putra jayaPada tahap kedua setelah pulang dari negara Thailand perjalanan dilanjutkan mengunjungi beberapa kota yang lainnya yaitu kota Pulau Pinang. Kota ini merupakan kota yang paling pesat pembangunanya. Kota ini pada dasarnya dibangun sebagai kota pariwisata yang juga merupakan sumber pendapatan bagi negara Malaysia. Penang merupakan kota yang indah karena bersih, aman dan rapi. Suku bangsa yang ada dipenang banyak ragam dan jenis ya, baik India, Eropa, China, dan juga Melayu yang ada disana. Di penang sendiri masyarakat yang ada disana merupakan masyarakat tingkatan menegah keatas. Harga tanah disana sangat tinggi, tapi sisi baiknya menyebabkan developer untuk berlomba lomba membangun gedung bertingkat sebagai salah satu cara pengelolaan aset yang mereka punya.

IMG_20141114_154109Kuliner yang terkenal dari Penang adalah masakan yaitu nasi Briyani maka kesempatan untuk mencicipinya tidaklah dilupakan. Setelah makan dilanjutkan mengunjungi fort conwolis. Fort conwolis sendiri disejarahnya merupakan salah satu benteng yang dibangun oleh Inggris karena untuk menghadapi musuh musuhnya. Dipenang juga kemudian mengunjungi sebuah pantai yang cukup terkenal disana dimana pantai ini juga merupakan destinasi wisata yang cukup bagus. Salah satu wahana yang ada disana adalah paralayang yang ditarik dengan sebuah speedboat dan juga penyewaan jetski.

jetskiSalah satu tempat yang penting dikunjungi di Penang adalah Recsam. Recsam merupakan salah satu cabang SEAMEO (South East Asian Mathematic Education). Disini guru guru mathematic Malaysia ditraining dan dilatih untuk kemudian mereka menyebarkan pembelajaran nantinya disetiap sekolah di Malaysia. Recsam sendiri bisa dibilang adalah organisasi non profit untuk bagian dipendidikannya, akan tetapi bagi rexam sendiri mereka untuk sumber dana tidak hanya berdasarkan dari bantuan bantuan pemerintah saja, tapi juga dana dana dari pihak eksternal. Salah satu fasilitas yang dimiliki Recsam adalah penginapan yang berstandar hotel, dan juga ruang ruang auditorium yang disewakan kepada pihak pihak berkepentingan.

IMG_20141114_121601Pada saat di Recsam, acara dimulai dengan penerimaan mahasiswa pasca sarjana Universitas Sriwijaya di ruang auditorium. Setelah saling bertukar kata antara tuan rumah dan tamu serta menonton sebuah tayangan video promosi tentang Rexam, acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara mahasiswa Unsri dan pihak Recsam. Acara sellanjutnya adalah penandatangan MOA (Memoir Of Aggrement) yang oleh pihak Unsri diwakili oleh Prof.Dr Zulkardi M.Sc dan Dr.Ratu Ilma M.Si sebagai ketua program studi Pascasarjana FKIP Unsri dengan pihak Recsam.

IMG_20141114_095144Pada saat di Recsam juga dilakukan kunjungan ke perpustakaan yang ada di Recsam. Perpustakaan ini cukup lengkap dengan berbagai macam hasil penelitian yang ditampilkan dalam bentuk jurnal jurnal dan karya ilmiah. Dalam penyebaranya buku buku tersebut di tampilkan didepan pitu masuk perpustakaan sehingga pengunjung dapat melihat dan membacanya. Bagi pengunjung yang tertarik, dapat membeli karya ilmiah atau jurnal tersebut dengan pengelola perpustakaan yang mana harganya jauh lebih murah dibandingka dengan isi di dalamnya.

perpusSetelah dari Penang dilanjutkan ke kota kuala Lumpur. Sembari menuju kesana banyak tempat tempat lain yang juga dikunjungi, salah satunya adalah KLCC. KLCC merupakan salah satu mal terbesar yang juga letaknya tepat disamping menara twin tower dari negara Malaysia. Twin tower merupakan salah satu dari menara teringgi didunia. Bangunan tersebut menjulang tinggi dari tanah menembus awan.Sayang nya untuk Twin Tower sendiri tidak bisa dikunjungi karena untuk ke lantai atas harus memesan tempat dulu sapai 6 bulan sebelumnya. Puas berjalan di KLCC maka perjalanan dilanjutkan rumah makan di kuala lumpur.

IMG_20141116_090506

Keesokan harinya perjalanan dilanjutkan menuju taman kemerdekaan Malaysia. Menurut sejarahnya disinilah bendera Inggris diturunkan didalam usaha memerdeka kan Malaysia. Banyak bangunan tua disini yang merupakan situs sejarah yang sangat berharga bagi bangsa Malaysia. Akhirnya di taman kemerdekaan ini lah perjalanan di Kuala Lumpur ditutup dan bis akhirnya berangkat menuju Johor.

merdekaSebelum mencapai Johor, kota lain yang dikunjungi adalah kota Malaka. Kota tua yang bersejarah panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyak nya bangunan bangunan tua bekas para penguasa kota Malaka itu sendiri. Pada sejarahnya Malaka dijajah bukan hanya satu bangsa saja, tapi banyak bangsa bangsa lain yang ikut menjajah. Bangsa bangsa tersebut anatara lain bangsa Portugis, Inggris, dan juga terakhir adalah Jepang Sebelum dikembalikan lagi kepada pihak Inggris. Malaka sejatinya merupakan kota pelabuhan sehingga banyak sekali kapal kapal berlalulalang dan untuk kapal kapal bersejarah kapal tersebut dimusiumkan.

IMG_20141116_131812Sesampainya di Johor, waktu sudah malam sehingga diputuskan untuk segera menuju hotel yang ada diJohor. Letak hotel ini berada didekat kantor kementrian Johor sehingga kalau ingin berjalan jalan saja bisa sampai ke taman malam yang yang indah yang letaknya berada didepan kementrian Johor. Jalan dari hotel menuju taman tersebut disebeah kanan maupun kiri penuh dengan pasar malam.

IMG_20141116_232951Di pasar malam ini sama seperti pasar malam di tempat tempat lainnya banyak menjual souvenir dari negeri Malaysia. Hal yang menarik di pasar ini adalah ditemukannya sebuah tempat yang menjual beraneka macam komputer jinjing atau laptop dan notebook dengan harga yang jauh dibawah pasaran resmi. Setelah puas berkeliling maka sesampainya di hotel merupakan waktu yang pas untuk beristirahat. Demikianlah perjalanan di negara Malaysia karena pada keesokan harinya kegiatan dilanjutkan di negara Singapura.

2. Thailand

Negara kedua yang dikunjungi dalam perjalanan ini adalah negara Thailand. Dahulu nama negara ini adalah Muangthai, tetapi sejak raja ke -5 nya memberikan undang undang anti perbudakan maka negara ini berubah nama menjadi Thailand, yang juga berarti tanah kebebasan.Thailand merupakan satu satunya negara di regional Asean yang tidak dijajah bangsa Eropa. Hal ini karena keberadaan Thailand yang berada ditengah tengah negara jajahan bangsa Eropa lainnya sehingga dijadikan daerah netral.

IMG_20130101_100817Thailand sekarang berbentuk pemerintahan monarki konstitusional. dengan raja sebagai kepala negara, sedangkan untuk kepala pemerintahan adalah seorang perdana mentri. Kondisi politik di Thailand bisa dibilang labil karena terus menerus terjadi pergantian kekuasaan di sana, sehingga terakhir terjadi kudeta militer akibat ketidakpuasan pihak militer terhadap demokrasi negara Thailand yang tidak berjalan sebagai mana yang diharapkan. Kondisi yang paling gawat berada dikota kota pemerintahan seperti Bangkok dan lainnya, akan tetapi bagi kota kota pariwisata, keadaan yang berlaku sama seperti sebelumnya. Tidak ada perbedaan mencolok sebelum dan sesudah terjadi kudeta militer.

IMG_20130101_124016Kota yang menjadi tujuan PKL kali ini adalah kota Hatyai yang berada 1000 km dari pusat kota Thailand yaitu Kota Bangkok. Kota ini sendiri merupakan kota kecil tetapi cukup terkenal diantara turis mancanegara. Di kota ini keadanya cukup ramai dengan turis turis yang berasaldari beberapa negara. Komunikasi di sini cenderung menggunakan alat bantu karena kendala bahasa. Bahasa asli dari Thailand cukup susah dilafaskan lidah mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Alternatifnya adalah penggunaan bahasa inggris. Yang menarik di perjalanan iniadalah memperhatikan beberapa teman satu grup yang sedang berbelanja pernak pernik dariThailand. Pedagang lokal banyak yang tidak mampu menggunakan bahasa Inggris sehingga kembali komunikasi tidak berjalan. Untuk menghadapi masalah ini para pedagang tersebut membekali diri dengan kalkulator untuk menyatakan berapa harga barangnya.

IMG_20130101_124953Di Thailand hotel yang di gunakan adalah hotel Kosit. Hotel ini terletak di tengah kota.Disekitar hotel-hotel ini banyak sekali hotel hotel lain yang juga menawrkan penginapan bagi para turis yang bertandang kekota Hat Yai. Pertunjukan kebudayaan yang ada dikota ini adalah kabaret show dan tiger show. Untuk pertunjukan kabaret show, merupakan pertunjukan untuk segala umur. Kabaret show sendiri dapat disebut sebagai salah satu pertunjukanragam budaya unik yang hanya ada di Thailand. Untuk pertunjukan tiger show, merupakan pertunjukan dewasa sehingga hanya orang yang sudah dianggap dewasa saja bisa menonton. Kegiatan di Thailand diadakan cuma satu hari karena kegiatan selanjutnya berada di negara Malaysia.

IMG_20130101_1155433. Singapura

Negara Ketiga yang menjadi tujuan dari PKL adalah negara Singapura. Dulunya negara ini merupakan satu bagian dengan negara Malaysia, tetapi akhirnya memisahkan diri. Negara ini merupakan negara paling ketat didalam keimigrasian bagi para pengunjung negara ini. Hal ini dibuktikan pada waktu cek identitas di keimigrasiaan. Negara singapura sendiri merupakannegara yang mengandalkan sektor jasa dan pariwisata dikarenakan kekuarangan sumber daya alam.Tujuan utama dari perjalanan ke Singapura adalah ke NIE (National Institue of Education)yang berada di NIT (Nahyang Institue of Technology). NIE sendiri merupakan salah satu pencetak calon guru dan dosen yang berada di Singapura. Kampus NIE sendiri cukup luas dan didukung oleh sarana dan prasana yang lebih didalamnya. Hal hal yang ingin dicapai di NIE adalah memperluas jaringan Unsri nantinya sehingga mampu dan bisa berkolaborasi sertaberkarya didalam dunia pendidikan, terutama untuk meningkatkan pendidikan matematika di Indonesia.

IMG_20141117_113112Kunjungan lanjutan di Singapura ini adalah ke kota Chinatown. Kota yang semarak penuh warna merah. Kota ini mayoritas ditinggali warga yang berasal dari etnis suku China. Di sini merupakan tempat yang pas untuk berbelanja barang barang souvenir dari singapura. Adaberbagai macam perhiasan khas china seperti batu giok dan lainnya. Di kota ini juga banyak bangunan tua khas China seperti pagoda dan klenteng.

IMG_20141117_003329Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan menuju ke Universal Studio untuk foto grup bersama dan juga menikmati objek objek pariwisata didalamnya. Salah satu wahana pertunjukanyang ada didalamnya yang cukup menarik adalah wahana Wings of Time. Wahana Wings of Time diadakan pada pukul 07.40 sampai 08.05 malam waktu singapura. Wahana ini menceritakan perjalanan sepasang anak lelaki dan perempuan dalam bentuk animasi yang dipaparkanke papan pertunjukan, Menariknya adalah penggunaan teknik pencahayaan laser dan semburan semburan air seta efek api yang muncul dibarengi dengan ledakan ledakan kembang api.Hal ini memberikan efek ketakjuban dari para pengunjung. Apalagi ditambah tingkah laku kocak para penyanyi pengiring, menjadikan wahana ini cukup dikenang dihati para pengunjung.

IMG_20141117_050013Setelah menikmati acara ini maka kegiatan selanjutnya adalah menaiki kapal feri menuju kota Batam dan kembali ke Indonesia.

1

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Cerita Perjalanan ke Tiga Negara (Thailand, Malaysia, dan Singapura)

  1. Rocky Winata mengatakan:

    Jossssss!!!!

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: