Cara Seleksi SNMPTN Jalur Undangan 2015

ptnDari 852.093 pendaftar, hanya 137.005 siswa yang diterima di 63 perguruan tinggi negeri (PTN). Bagaimana cara PTN menyeleksi peserta SNMPTN 2015 ?
Dikutip dari keterangan panitia SNMPTN 2015, proses seleksi pada SNMPTN meliputi tiga komponen. Pertama, komponen siswa. Seleksi dilakukan dengan melihat nilai rapor, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran, prestasi akademis lain di luar yang tercantum pada rapor, dan sertifikat prestasi lainnya yang relevan dengan pilihan program studi.
Kemudian, komponen sekolah meliputi peringkat akreditasi sekolah dan kualitas alumni tahun-tahun sebelumnya. Terakhir, PTN juga mempertimbangkan aksesibilitas siswa yang berasal dari daerah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T) dan keluarga kurang mampu.

Selain itu, PTN mempertimbangkan penggunaan nilai ujian nasional (UN) sebagai komponen seleksi lainnya. Peserta SNMPTN 2015 harus mengikuti UN. Namun, penggunaan nilai UN sebagai pertimbangan penentuan seleksi diserahkan kepada para Rektor. Dengan begitu, bisa jadi porsi penggunaan nilai UN di tiap PTN berbeda-beda.
Sumber : Okezone.com

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Cara Seleksi SNMPTN Jalur Undangan 2015

  1. Maxgrosir mengatakan:

    sing penting siswanya benar benar mendapatkan ilmu yang sesuai takarannya dan kemampuannya..🙂

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: