Powepoint 7 : Membuat video Tutorial Powerpoint Dengan Camtasia Studio V.7

camtasiaCamtasia studio merupakan software yang dirancang untuk menghasilkan video langsung dari layar komputer dan mengedit video (Screen Recording & Video Editing Software). Sekurangnya terdapat tiga fitur yang ditawarkan Camtasia studio: Record the Screen, record voive naration dan record power point (ketiganya akan muncul pada tampilan awal).

Akan tetapi dalam tutorial ini saya lebih menekankan pada pemanfaatan Camtasia Studio untuk membuat tutorial bentuk powerpoint.

Record power point

Bagian ini merupakan perangkat yang terintegrasi dengan Microsoft Powerpoint. Ketika anda mengklik record powerpoint, maka camtasia akan membuka Microsoft Powerpoint.

Camtasiaoke1

Gambar 1. Microsoft powerpoint yang terintegrasi dengan Camtasia

Perhatikan pada bagian menu toolbar akan ada tambahan Add-Ins yang merupakan perangkat

Camtasia studio, jika diklik akan muncul ikon sebagai berikut:

 camtasiaoke2

Gambar 2. Toolbar Add-Ins

Terlebih dahulu anda persiapkan slide powerpoint yang akan direkam, kemudian open file tersebut misalnya seperti berikut:

camtasiaoke3 Gambar 3. Contoh file powerpoint yang sudah disiapkan

Selanjutnya klik record pada toolbar Add-Ins, maka akan muncul

 camtasiaoke4

Gambar 4. Proses perekaman siap dimulai

Proses perekaman sudah siap dimulai, pada bagian kanan bawah terdapat panel untuk mengecek fungsi mikrofon, suara yang masuk akan terdeteksi dengan bergeraknya detektor di bawah tulisan Microphone. Bila sudah siap, klik pada bagian Click to begin recording.

Proses perekaman akan berakhir dengan sendirinya setelah selesai slide pada powerpoint, atau anda dapat mengakhiri sebelum habis slide dengan mengklik Esc pada keyboard. Akan muncul boks save camtasia recording as.. (Gambar 5), isikan nama file recording anda misalnya: Statistik ukuran pemusatan data. File tersebut akan disimpan sebagai file .pptx.camrec

camtasiaoke5

Gambar 5. Menyimpan recording file

Jika anda akan mengedit rekaman yang baru saja disimpan maka klik Edit your recording, atau anda sudah yakin dengan rekaman anda sehingga tidak perlu mengedit terlebih dahulu maka klik Produce your recording (Gambar 6) kemudian OK. Jika anda tidak ingin melakukan keduanya untuk sementara ini, maka klik Cancel.

camtasiaoke6

Gambar 7. Boks pertanyaan langkah selanjutnya

Proses Editing

Dalam Camtasia Studio 7, editing merupakan bagian penting untuk mempercantik tampilan video anda. Setelah proses rekaman (recording) selesai, anda dapat langsung mengedit rekaman tersebut (lihat penjelasan Gambar 8) atau anda tidak punya waktu sehingga setelah rekaman anda keluar dari Camtasia. Maka proses editing dapat anda lakukan dengan menyalakan kembali Camtasia, kemudian pilih tab Import media, pilih file pptx.camrec anda. Akan muncul tampilan seperti pada Gambar 9.

Anda dapat menentukan ukuran video anda, anda dapat mencoba beberapa ukuran yang disarankan seperti 640×384.

 camtasiaoke7

Gambar 8. Tampilan awal editing

 camtasiaoke8

Gambar 9. Perangkat editing

Pada Gambar 9, ditampilakan perangkat editing pada Camtasia, di sini hanya akan dijelaskan beberapa perangkat yang penting.

Zoom-n-Pan digunakan untuk memperbesar (zoom) area pada video yang kita anggap perlu dilihat dengan lebih jelas. Caranya pada saat video berlangsung klik ikon istirahat Pause (II), kemudian klik ikon Zoom-n-Pan. Atur area yang dikehendaki.

Callout digunakan untuk menambah teks pada video atau menandai dengan warna. Dapat juga memburamkan bagian yang lain sehingga fokus perhatian pada bagian tertentu saja. Caranya juga sama, klik Pause, klik Callout, pilih jenis callout. Jika menambah teks, anda tinggal mengetik pada bagian teks, warna dasar juga dapat anda ubah, besar font juga dapat diatur.

Cutting (ikon bergambar gunting) untuk memotong bagian yang tidak dikehendaki pada track video.

Setelah selesai proses editing, anda dapat menyimpan dengan mengklik save project, maka file akan tersimpan sebagai file camtasia studio project atau *.camproj

Menambah suara pada video

Untuk menambah suara pada video atau menghilangkan suara dan mengganti dengan suara lain

(dubbing) caranya klik pada Record voice naration atau dari tab Tools klik voice narration…

maka akan muncul boks seperti Gambar 10.

 camtasiaoke9

Gambar 10. Merekam suara

Akan muncul tampilan, klik Start recording. Bila sudah selesai klik stop

 camtasiaoke10

Gambar 11. Memulai rekaman suara

Akan muncul boks untuk menyimpan rekaman suara anda, beri nama file. File akan tersimpan dalam bentuk .wav.

 camtasiaoke11

Gambar 12. Menyimpan rekan suara

Bagaimana menyisipkan suara tadi pada video anda. Buka kembali proyek anda (open project). Klik import media pilih file wav anda, klik dan drag file tersebut ke bagian pada track. Maka akan muncul suara tersebut pada Audio 2. Audio 1 adalah suara asli video, untuk mendubbing klik bagian pada Audio 1 turunkan levelnya sampai bawah maka suara asli video akan hilang..

Producing Video

Tahap terakhir dari rangkaian pembuatan video adalah memproduce/menghasilkan video. Caranya mudah: buka proyek anda (open project). Klik Produce and share.Camtasia akan memproses (rendering) video anda, membutuhkan waktu agak lama untuk proses ini, tidak perlu ditunggui, tingggalkan saja komputer anda untuk beberapa saat. Demikian penjelasan singkat mengenai Camtasia Studio 7, mudah-mudahan bermanfaat.

Download free software Camtasia Studio 7 disini

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

3 Responses to Powepoint 7 : Membuat video Tutorial Powerpoint Dengan Camtasia Studio V.7

  1. riyanto mengatakan:

    sy lagi nyari2 artikel tentang membuat video untuk keperluan jualan online saya utk diupload di youtube dan web lainnya. ketemu sama blok gan ibnu ini…
    mksh ya

  2. Anonim mengatakan:

    iyaa pak bagus sekali heheh love much!:*

  3. kaos iwan fals mengatakan:

    terimakasih tutorialnya mas gan.

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: