Materi Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Kurikulum 2013

Buku Mat XMengenai materi ajar Matematika di kelas X ada perbedaan antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kurikulum 2013 ini. Dari materi tersebut untuk kurikulum 2013 materi yang akan dipelajari oleh siswa lebih banyak dibandingkan dengan KTSP yaitu secara keseluruhan ada 12 materi pokok. Sementara di KTSP hanya 6 pokok bahasan yaitu 1. Pangkat, akar, dan logaritma. 2. Fungsi kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat. 3. Persamaan dan pertidaksamaan Linear. 4. Logika Matematika. 5. Trigonometri. 6. Demensi Tiga.

Adapun materi pokok matematika di kelas X untuk kurikulum 2013 adalah : 1. Eksponen dan Logaritma. 2. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. 3. Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan linear. 4. Matriks. 5. Relasi dan Fungsi. 6. Barisan dan Deret. 7. Persamaan dan Fungsi Kuadrat. 8. Trigonometri. 9. Geometri. 10. Limit Fungsi. 11. Statistika. 12. Peluang.

Jika kita lihat dari masing-masing materi pokok tersebut ternyata ada materi-materi yang di KTSP dipelajari di kelas X yaitu Limit Fungsi, Statistika, dan Peluang. Dan ada juga materi-materi yang baru dipelajari di kelas XII yaitu Matriks serta Barisan dan Deret.

Kemudian hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang ditekankan adalah pengalaman belajar yang dialami oleh siswa. Sehingga hasil belajar yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran siswa antara lain :

  • Produk : Konsep dan prinsip-prinsip yang terkait dengan materi pokok
  • Proses : Apersepsi budaya, interaksi sosial dalam penyelesaian masalah, memodelkan masalah secara matematika, merencanakan penyelesaian masalah, menyajikan hasil kerja dan menganalisis serta mengevaluasi kembali hasil penyelesaian masalah.
  • Kognitif : Kemampuan matematisasi, kemampuan abstraksi, pola pikir deduktif, berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis, dan berpikir kreatif).
  • Psikomotor : Keterampilan menyelesaikan masalah, ketrampilan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi.
  • Afektif : Menghargai budaya, penerimaan individu atas perbedaan yang ada, bekerjasama, tangguh menghadapi masalah, jujur mengungkapkan pendapat dan senang belajar matematika.

Untuk lebih lengkap mengenai materi matematika kelas X ini anda dapat download buku pegangan guru dan siswa.

  1. Download buku pedoman guru
  2. Download buku siswa
About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

100 Responses to Materi Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Kurikulum 2013

  1. ndarmono@ymail.com mengatakan:

    Tolonglah simulasi soal-soal CPNS dikirim….. Trimaksih
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Kania Lucita mengatakan:

      InsyaAllah bisa. Jika ada kemauan akan ada jalan. Saya juga sama lagi mengalami kurikulum 2013, kalau saya boleh ceritakan, saya pas pertama kali lihat memang bingung dan merasa ‘asing’ apalagi ini kali pertama saya kurikulum 2013 -,- (dan sampai sekarang saya juga masih syok karena tugas yang begitu menggunung, dengan waktu deadline yang amat singkat). Tapi saya harus berusaha dan harus meniatkan pada diri saya untuk mempelajarinya :’). Fighting!

      • Anonymous mengatakan:

        Apa tugas yg sgtu banyaknya harus kita kuasai semua dlam wktu yg singkat ? aplgi mtk kita dsruh cari sndri tnpa pnjelasan yg jelas

  2. prazt811 mengatakan:

    apakah mampu ya siswa dikasih 12 bab, sdangkan 6 bab saja udah megap”

    • Anonymous mengatakan:

      insyaallah

    • surya mengatakan:

      pasti bisa asal ada niat, usaha dan doa…

    • Tiara Aswulan Prameswari mengatakan:

      Menurut saya sebagai pelajar memang sulit untuk menerima kurikulum 2013, yg lebih banyak sub-bab dan apalagi saya termasuk siswa kelas akselerasi. Jadi, ya saya hanya bisa berusaha dan pasrah-_- Tetapi syg di file buku itu menurut saya ada bberapa tulisan yg kurang jelas dan kurang bisa dimngerti..

    • Anonymous mengatakan:

      insyallah bisa pak/buk

  3. Anonymous mengatakan:

    mampu gak siswa smk non tekhnik menyelesaikan 12 bab

  4. Anonymous mengatakan:

    saya siswa smk mengaku tidak sanggup>.. karena susah banget

  5. Anonymous mengatakan:

    terlalu rumit…susah

  6. rini aminah mengatakan:

    menurut saya sebagai seorang siswi SMA , kurikulum 2013 ini memang benar benar mengharuskan siswa berperan aktif terutama dalam bidang matematika

    • anonim mengatakan:

      iya, kita harus benar-benar aktif banget. Saya kan baru masuk SMA, dan ini pertama kalinya pake kurikulum 2013, dan waktu mengajar pun, singkat banget. Beda pas dulu, SD mapun SMP rasanya lama banget waktu pengajarannya, jadi saya lebih nyerap pelajarannya (berhubung saya tipe yang butuh waktu lama untuk memahami) dan saat dikasih waktu yang singkat kayak anak kuliahan, dan tugas yang banyak, maka saya harus cepat-cepat menyesuaikan diri :’) berjuang lagi deh tiga tahun ini! :’)

  7. diaz aliza mengatakan:

    gak ngertiiiii:(

  8. satria mengatakan:

    kenapa kurikulum 2013 guru tidak menerangkan materinya jadinya yang matematika kan gkh ngertiiiii,..,

  9. Anonymous mengatakan:

    alhamdulliah susah

  10. ,,alhamdullah susah ,

    kada ngerti ,,

    solusi-solusi ..

  11. Anonymous mengatakan:

    Bagus bro,tmbah contoh soal.
    Yg statstika ukuran pnyebaran data k g ada??

  12. Anonymous mengatakan:

    apa sih tujuan untuk mapel matematika kurikulum 2013??

  13. Anonymous mengatakan:

    Uangell

  14. dhea mengatakan:

    saya siswi smk,, menurut saya matematika kurikulum 2013 itu terlalu susah dan umit apa lagi ada 12 bab saya akui saya tidak sanggup, jangan akan 12 bab enam bab aja belum tentu selesai semuanya

  15. wahyu mengatakan:

    siap siap Buka’ pikiran yg lebih :D ..
    Pelajaran dlu d ulang lagi .. sip dahh ..

  16. Anonymous mengatakan:

    sangat menyiksa sekali kurikulum 2013 ini

  17. ruzia wati arifin mengatakan:

    gimana caranya sih

  18. Adi mengatakan:

    background music nya judulnya apa nih pak guru, kasih tau dong … :D

  19. Anonymous mengatakan:

    kurikulumnya mbok yang dulu aja kepala nya pusing

  20. Anonymous mengatakan:

    buat gue makin tau

  21. Anonymous mengatakan:

    Saya suka dengan mtk

  22. izzah mengatakan:

    susah susah gampang sih tp pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiingg

  23. Husein Tampomas mengatakan:

    Telah terbit Buku solusi dari buku matematika kelas X yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013 dengan penulis Husein Tampomas.
    Tebal buku 176 halaman. Masalah untuk ongkos kirim akan dilihat sesuai daerah pengiriman. Tolong, berita ini disampaikan kepada teman-teman.
    Harga buku Rp30.000 per eksemplar dan untuk biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli.
    untuk lebih jelasnya silahkan hubungi nomer 081316564320
    email : huseintampomas@yahoo.com

  24. iluh mengatakan:

    matematika kurikulum 2013,, susahhh bngttt

  25. Anonymous mengatakan:

    kurikulum 2013 meringankan beban guru, menambah beban murid…

    • arel mengatakan:

      Iya, guru cukup menerangkan lalu ngasih tugas, murid: ngerjain tugas, ngerjain soal, praktek, ulangan, ujian, mencari materi, presentasi, les (bagi yang les), mengurus keperluan sekolah, ekstrakurikuler…

  26. nikmah mengatakan:

    makasih atas materinya :(

  27. belajar matematika mengatakan:

    makasih materinya, tolong kasih saya untuk smp sd dan lainnya

  28. zia amalia mengatakan:

    zhiae:knpa haruz susah bgets untk bisa meahami materi kurikulum 2013 kurang pnjelasan dari guru sekolahan jdnya siswa harus aktivv truzzzzzz

    • nonim mengatakan:

      iya harus aktif, SD, SMP, SMA semua udah disama ratakan kayak anak kuliahan kalau kata aku gitu.. huftt -_-

  29. Anonymous mengatakan:

    kurikulum 2013,, susah tuk dimengerti……soal.nya gk pernah di terangkan

  30. triana mardianti mengatakan:

    terimakasih atas informasi tentang materi matematika kurikulum 2013 :) tetapi saya jujur saya belum paham dengan materi materi itu terimakasih

  31. om mengatakan:

    semakin modern semakin banyak tantangan,itulah resiko jika kita ingin maju

  32. Anonymous mengatakan:

    mereka hanya berfikir untuk maju, tapi tak melihat bagaimana kemampuan orang yang diajak majuu……… saya sebagai anak smk merasa terbebani

  33. Riana Say mengatakan:

    untung adja belom pake tu sistem kurikulum…….:)
    tpi,,,,,rugi juga sih….:(
    yang enak tu yang mana??????????

    • anonim mengatakan:

      kata aku sih mending kurikulum yang lama aja, gurunya lebih banyak menerangkan, materi pun gak susah2,.. dan gak banyak tugas

  34. Gab mengatakan:

    Masa allah suah banget, baru 2minggu udh genti bab lagi gara2 ngejer target selesai 1 semester sampe bab 6 -_- nyiksa!

  35. Arga Zaky Satria mengatakan:

    kurikulum 2013 sangat bagus, karena membuat siswa aktif.jadi, dari yang malas memperhatikan guru, sekarang jadi rajin

  36. Anonymous mengatakan:

    saya yang menjalan kan kurikulum 2013 khususnya pelajaran mtk bagi kelas mia sangat berat ada ujian peminatan dan wajib satu aja pusing apalagi dua tolonglah pikirkan kami

  37. Achmad Budiman mengatakan:

    alahamdulillah
    trimakasih pak

  38. Anonymous mengatakan:

    wah pendidikan indonesia makin maju

  39. khansa anggraiedha @KhansaRR mengatakan:

    kurang paham dengan ajaran kurikulum terbaru yang menjadikan siswa menjadi suatu “kelinci percobaan”. pemerintah ingin generasi indoseia maju,mereka ingin bersaing dengan orang luar.namun mereka tidak memperhatikan tingkat level daya kecerdasan siswa yang terlalu dipaksakan untuk dapat menguasai banyaknya materi dalam waktu singkat.sedangkan siswa dituntut untuk aktif dalam mencari isi materi. sehingga banyaknya waktu yang terbuang sia-sia dikarenakan sebagian siswa tidak paham atas “materi baru” sehingga materi tidak dikuasai,hilanglah waktu tanpa manfaat.sungguh kurang efisien

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Menurut saja justru sebaliknya, karena dgn pembelajaran yang mengedepankan saintifik siswa akan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dimana siswa akan mendapatkan pengetahuan dengan cara menemukan sendiri

  40. dewek mengatakan:

    GUE SUKA BANGET MATEMATIKA KURIKULUM 2013 (y)

  41. jiman panjaitan mengatakan:

    bagaimaa cara mendapatkan beasiswa,,

  42. Anonymous mengatakan:

    Trigonometri bikin sakit kepala -_-

  43. joko siswanto mengatakan:

    saya gak ngerti..

  44. mang'ruf mengatakan:

    sukai ‘senangi ‘dan di niati
    insya allah kita bisa”’!

    “SEMANGAT”

  45. By:yoan mengatakan:

    slma ada kyakinan kita pasti bisa,,,artix,,,dngan mmpelajari matematika kita bisa cerdas sprti orng yg pintar matematika dan kita bisa mencapai tujuan kita seperti cita-cita kita,,,,,dan kita sbagai anak-anak idonesia tdk boleh malas, atau mengeluh dngan adax mapel matematika,,,,,
    ayo anak-anak indonesia smangat dan brprestasi dan mencapai cita-cita mu di masa depan,,,

  46. yoan mengatakan:

    dngan adax matematika,,,kita bisa menghitung,,,,sperti,,,kali”,bagi”,kurang”, dan tambah”…jdi kita jngan malas,dan mengeluh dngan adax matematika,,,ayo smangat,,,,

  47. Anonymous mengatakan:

    Matematika kurikulum 2013

  48. Crizt0w Naris M mengatakan:

    Rumit bngets k. 13 nhi.. Pikiran guru-guru aja msih gelap ap lgi siswanye… Huh… Smga ad jln..

  49. Krizt0w Mali k.r.c. mengatakan:

    Mogah Tuhan s’lu mmbka piqran hti kmi muw d kurikulum 2013 ini….
    =>TUHAN MENYERTAI KITA <=

  50. Putri mengatakan:

    sebenernya saya tidak terlalu minat dengan matematika. tapi kan kewajiban pelajar ya mempelajari apa yang diajarkan oleh guru :)

  51. Anonymous mengatakan:

    Menurut Sya Pelajrn Matematika Adlh Pelajrn Yg Menyenangkn,, Tpi Sya Mulai Ggp Karna Kuriklm 2013 In Lbh Susah,,

  52. erly mengatakan:

    susaaaaahhhh

  53. Reza Permana mengatakan:

    saya siswa baru SMK…menurut saya kurikulum 2013 memang agak susah…tpi dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan…jadi itu tergantung kemauan dan ketekunan kita semua :D

  54. Reza Permana mengatakan:

    saya siswa SMK baru…menurut saya…emang kurikulum 2013 agak susah…tapi dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan…jadi kesimpulanya “tergantung kpa kemauan dan ketekunan kita masing-masing ” :) :D

  55. AbCoest mengatakan:

    Seharus Nya pemerintah harus mengetahui dulu seberapa Daya Kecerdasan murid,,,, Saya Siswa SMA Global islamic (Kalimantan Tengah) Merasa berat hati karena adanya KRK 2013 Karena Murid Murid sebagian Masih ada yang belum paham dan Waktu nya pun sangat singkat berpindah materi materi,,,Sehingga murid masih banyak yang bingung/belum paham di materi sebelum nya,,,,,,

  56. Anonymous mengatakan:

    bgmana klo siswa smk ga bsa mnylsaikan 12 bab..

  57. Rifki M R mengatakan:

    ada grup/kelas belajar online nya gak pa..??

  58. Fay mengatakan:

    Dengan adanya kur. 2013 aku jadi semangat bljr. Cz pljran x menantang !!!

  59. KRISMATA HAREFA mengatakan:

    MENGAPA TIDAK ADA PEMBAHASAN TENTANG MATEMATIKA

  60. Anonymous mengatakan:

    hebat

  61. Anonymous mengatakan:

    ..kenpa harus pke kurikulum 2013.. kn susah..
    dan tolong dong kalo siswa SMA jurusan ips jgn ada peljarn yang namanya mtematika.. saya kn gak suka matematika.

  62. Anonymous mengatakan:

    saya ingin mengerjakan tugas matematika tapi saya tidak tahu cara kerjanya apakah ada yang mau bantu?

  63. Anonymous mengatakan:

    Kenapa pas pelajaran matematika gurunya gak jelasin caranya ?

  64. DEKRIS mengatakan:

    ITULAH SAYA BOSAN MENJADI GURU MATEMATIKA

  65. Anonymous mengatakan:

    bagi saya kurekulum 2013.rumit dan tdak mdah untuk bnar pham.

  66. Anonymous mengatakan:

    matematika bikin hariku minder.

  67. Anonymous mengatakan:

    menurut saya kurikulum 2013 ini harus di rapatkan dengan pak Nuh

  68. Anonymous mengatakan:

    pak aku loh bengong sama kurikulum 2013 susah banget tauk . susaaah bangeet pak

  69. Anonymous mengatakan:

    Kurikulum 2013 bikin bingung….
    By∷ paskalis

  70. enggar mengatakan:

    sayangnya bukunya belum keluar jadi siswa tidak bisa dengan mudah belajar. jadi mohon dengan sangat agar buku segera diluncurkan agar kami para pelajar dapat dengan mudah mempelajarinya.

  71. Kang Ahid Gituw mengatakan:

    mungkin sebagian besar msih bingung dgn kurikulum 2013, terutama (menurut sy) tekhnik penilaiannya.. ini karena belum terbiasa saja. kalo mau sungguh2, pasti bisa lebih baik…
    Saya pribadi suka, karena siswa bukan hanya menghafal teori, tapi dengan uji coba dan pengalaman menumbuhkan pengetahuan sesuai sk/kd …
    Tp yaitu, bukunya kok belum turun, padahal dah 2014???? jangan2 nyangkut nih anggarannya wkwkwkwk

  72. Anonymous mengatakan:

    membuka lowongan pekerjaan buat mahasiswa yang kekurangan dana :D

  73. nusantarabet mengatakan:

    bagus juga ada yang seperti ini..

  74. Anonymous mengatakan:

    kira-kira untuk soal ujian semester matematika yang disediakan rayon itu akan sama ga ya antara soal math sma dan smk yang menggunakan kurikulum 2013?

  75. siti aisyah mengatakan:

    Bismillah semangat kurtilas pasti dapat menjadi pedoman kita untuk menjadi lebih baik

  76. Anonymous mengatakan:

    kalo kita mau belajar bersungguh2 maka kita pasti akan menjadi orng yang berguna bagi orang tua dan masyarakat sekitar rumah mu
    “maka rajin lah berlajar supaya kita tidak rugi di masa mendatang”

  77. Bagas Rahmat Gunarto mengatakan:

    Kita (Murid) yakin Pasti Bisa.. Karna Bisa jadi Terbiasa.. Dan Terbiasa Menjadi LUAR BIASA….

    Ayo Kawan” jangan anggap Matematika itu susah.. anggap lah Guru Matematika mu itu adalah orang yang paling kalian sayang… jadi setiap sekolah kita paling tidak sabar menunggu pelajaran Matematika

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.732 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: