Materi Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Kurikulum 2013

Buku Mat XMengenai materi ajar Matematika di kelas X ada perbedaan antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kurikulum 2013 ini. Dari materi tersebut untuk kurikulum 2013 materi yang akan dipelajari oleh siswa lebih banyak dibandingkan dengan KTSP yaitu secara keseluruhan ada 12 materi pokok. Sementara di KTSP hanya 6 pokok bahasan yaitu 1. Pangkat, akar, dan logaritma. 2. Fungsi kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat. 3. Persamaan dan pertidaksamaan Linear. 4. Logika Matematika. 5. Trigonometri. 6. Demensi Tiga.

Adapun materi pokok matematika di kelas X untuk kurikulum 2013 adalah : 1. Eksponen dan Logaritma. 2. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. 3. Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan linear. 4. Matriks. 5. Relasi dan Fungsi. 6. Barisan dan Deret. 7. Persamaan dan Fungsi Kuadrat. 8. Trigonometri. 9. Geometri. 10. Limit Fungsi. 11. Statistika. 12. Peluang.

Jika kita lihat dari masing-masing materi pokok tersebut ternyata ada materi-materi yang di KTSP dipelajari di kelas X yaitu Limit Fungsi, Statistika, dan Peluang. Dan ada juga materi-materi yang baru dipelajari di kelas XII yaitu Matriks serta Barisan dan Deret.

Kemudian hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang ditekankan adalah pengalaman belajar yang dialami oleh siswa. Sehingga hasil belajar yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran siswa antara lain :

  • Produk : Konsep dan prinsip-prinsip yang terkait dengan materi pokok
  • Proses : Apersepsi budaya, interaksi sosial dalam penyelesaian masalah, memodelkan masalah secara matematika, merencanakan penyelesaian masalah, menyajikan hasil kerja dan menganalisis serta mengevaluasi kembali hasil penyelesaian masalah.
  • Kognitif : Kemampuan matematisasi, kemampuan abstraksi, pola pikir deduktif, berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis, dan berpikir kreatif).
  • Psikomotor : Keterampilan menyelesaikan masalah, ketrampilan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi.
  • Afektif : Menghargai budaya, penerimaan individu atas perbedaan yang ada, bekerjasama, tangguh menghadapi masalah, jujur mengungkapkan pendapat dan senang belajar matematika.

Untuk lebih lengkap mengenai materi matematika kelas X ini anda dapat download buku pegangan guru dan siswa.

  1. Download buku pedoman guru
  2. Download buku siswa

Tentang ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

134 Responses to Materi Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Kurikulum 2013

  1. ndarmono@ymail.com says:

    Tolonglah simulasi soal-soal CPNS dikirim….. Trimaksih
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Kania Lucita says:

      InsyaAllah bisa. Jika ada kemauan akan ada jalan. Saya juga sama lagi mengalami kurikulum 2013, kalau saya boleh ceritakan, saya pas pertama kali lihat memang bingung dan merasa ‘asing’ apalagi ini kali pertama saya kurikulum 2013 -,- (dan sampai sekarang saya juga masih syok karena tugas yang begitu menggunung, dengan waktu deadline yang amat singkat). Tapi saya harus berusaha dan harus meniatkan pada diri saya untuk mempelajarinya :’). Fighting!

      • Anonim says:

        Apa tugas yg sgtu banyaknya harus kita kuasai semua dlam wktu yg singkat ? aplgi mtk kita dsruh cari sndri tnpa pnjelasan yg jelas

  2. prazt811 says:

    apakah mampu ya siswa dikasih 12 bab, sdangkan 6 bab saja udah megap”

  3. Anonim says:

    mampu gak siswa smk non tekhnik menyelesaikan 12 bab

  4. Anonim says:

    saya siswa smk mengaku tidak sanggup>.. karena susah banget

  5. Anonim says:

    terlalu rumit…susah

  6. rini aminah says:

    menurut saya sebagai seorang siswi SMA , kurikulum 2013 ini memang benar benar mengharuskan siswa berperan aktif terutama dalam bidang matematika

    • anonim says:

      iya, kita harus benar-benar aktif banget. Saya kan baru masuk SMA, dan ini pertama kalinya pake kurikulum 2013, dan waktu mengajar pun, singkat banget. Beda pas dulu, SD mapun SMP rasanya lama banget waktu pengajarannya, jadi saya lebih nyerap pelajarannya (berhubung saya tipe yang butuh waktu lama untuk memahami) dan saat dikasih waktu yang singkat kayak anak kuliahan, dan tugas yang banyak, maka saya harus cepat-cepat menyesuaikan diri :’) berjuang lagi deh tiga tahun ini! :’)

  7. diaz aliza says:

    gak ngertiiiii:(

  8. satria says:

    kenapa kurikulum 2013 guru tidak menerangkan materinya jadinya yang matematika kan gkh ngertiiiii,..,

  9. Anonim says:

    alhamdulliah susah

  10. ,,alhamdullah susah ,

    kada ngerti ,,

    solusi-solusi ..

  11. Anonim says:

    Bagus bro,tmbah contoh soal.
    Yg statstika ukuran pnyebaran data k g ada??

  12. Anonim says:

    apa sih tujuan untuk mapel matematika kurikulum 2013??

  13. Anonim says:

    Uangell

  14. dhea says:

    saya siswi smk,, menurut saya matematika kurikulum 2013 itu terlalu susah dan umit apa lagi ada 12 bab saya akui saya tidak sanggup, jangan akan 12 bab enam bab aja belum tentu selesai semuanya

  15. wahyu says:

    siap siap Buka’ pikiran yg lebih 😀 ..
    Pelajaran dlu d ulang lagi .. sip dahh ..

  16. Anonim says:

    sangat menyiksa sekali kurikulum 2013 ini

  17. Adi says:

    background music nya judulnya apa nih pak guru, kasih tau dong … 😀

  18. Anonim says:

    kurikulumnya mbok yang dulu aja kepala nya pusing

  19. Anonim says:

    buat gue makin tau

  20. Anonim says:

    Saya suka dengan mtk

  21. izzah says:

    susah susah gampang sih tp pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiingg

  22. Husein Tampomas says:

    Telah terbit Buku solusi dari buku matematika kelas X yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013 dengan penulis Husein Tampomas.
    Tebal buku 176 halaman. Masalah untuk ongkos kirim akan dilihat sesuai daerah pengiriman. Tolong, berita ini disampaikan kepada teman-teman.
    Harga buku Rp30.000 per eksemplar dan untuk biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli.
    untuk lebih jelasnya silahkan hubungi nomer 081316564320
    email : huseintampomas@yahoo.com

  23. iluh says:

    matematika kurikulum 2013,, susahhh bngttt

  24. Anonim says:

    kurikulum 2013 meringankan beban guru, menambah beban murid…

    • arel says:

      Iya, guru cukup menerangkan lalu ngasih tugas, murid: ngerjain tugas, ngerjain soal, praktek, ulangan, ujian, mencari materi, presentasi, les (bagi yang les), mengurus keperluan sekolah, ekstrakurikuler…

  25. nikmah says:

    makasih atas materinya 😦

  26. makasih materinya, tolong kasih saya untuk smp sd dan lainnya

  27. zia amalia says:

    zhiae:knpa haruz susah bgets untk bisa meahami materi kurikulum 2013 kurang pnjelasan dari guru sekolahan jdnya siswa harus aktivv truzzzzzz

    • nonim says:

      iya harus aktif, SD, SMP, SMA semua udah disama ratakan kayak anak kuliahan kalau kata aku gitu.. huftt -_-

  28. Anonim says:

    kurikulum 2013,, susah tuk dimengerti……soal.nya gk pernah di terangkan

  29. triana mardianti says:

    terimakasih atas informasi tentang materi matematika kurikulum 2013 🙂 tetapi saya jujur saya belum paham dengan materi materi itu terimakasih

  30. om says:

    semakin modern semakin banyak tantangan,itulah resiko jika kita ingin maju

  31. Anonim says:

    mereka hanya berfikir untuk maju, tapi tak melihat bagaimana kemampuan orang yang diajak majuu……… saya sebagai anak smk merasa terbebani

  32. Riana Say says:

    untung adja belom pake tu sistem kurikulum…….:)
    tpi,,,,,rugi juga sih….:(
    yang enak tu yang mana??????????

    • anonim says:

      kata aku sih mending kurikulum yang lama aja, gurunya lebih banyak menerangkan, materi pun gak susah2,.. dan gak banyak tugas

  33. Gab says:

    Masa allah suah banget, baru 2minggu udh genti bab lagi gara2 ngejer target selesai 1 semester sampe bab 6 -_- nyiksa!

  34. kurikulum 2013 sangat bagus, karena membuat siswa aktif.jadi, dari yang malas memperhatikan guru, sekarang jadi rajin

  35. Anonim says:

    saya yang menjalan kan kurikulum 2013 khususnya pelajaran mtk bagi kelas mia sangat berat ada ujian peminatan dan wajib satu aja pusing apalagi dua tolonglah pikirkan kami

  36. alahamdulillah
    trimakasih pak

  37. Anonim says:

    wah pendidikan indonesia makin maju

  38. khansa anggraiedha @KhansaRR says:

    kurang paham dengan ajaran kurikulum terbaru yang menjadikan siswa menjadi suatu “kelinci percobaan”. pemerintah ingin generasi indoseia maju,mereka ingin bersaing dengan orang luar.namun mereka tidak memperhatikan tingkat level daya kecerdasan siswa yang terlalu dipaksakan untuk dapat menguasai banyaknya materi dalam waktu singkat.sedangkan siswa dituntut untuk aktif dalam mencari isi materi. sehingga banyaknya waktu yang terbuang sia-sia dikarenakan sebagian siswa tidak paham atas “materi baru” sehingga materi tidak dikuasai,hilanglah waktu tanpa manfaat.sungguh kurang efisien

    • ibnufajar75 says:

      Menurut saja justru sebaliknya, karena dgn pembelajaran yang mengedepankan saintifik siswa akan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dimana siswa akan mendapatkan pengetahuan dengan cara menemukan sendiri

  39. dewek says:

    GUE SUKA BANGET MATEMATIKA KURIKULUM 2013 (y)

  40. bagaimaa cara mendapatkan beasiswa,,

  41. Anonim says:

    Trigonometri bikin sakit kepala -_-

  42. joko siswanto says:

    saya gak ngerti..

  43. mang'ruf says:

    sukai ‘senangi ‘dan di niati
    insya allah kita bisa”’!

    “SEMANGAT”

  44. By:yoan says:

    slma ada kyakinan kita pasti bisa,,,artix,,,dngan mmpelajari matematika kita bisa cerdas sprti orng yg pintar matematika dan kita bisa mencapai tujuan kita seperti cita-cita kita,,,,,dan kita sbagai anak-anak idonesia tdk boleh malas, atau mengeluh dngan adax mapel matematika,,,,,
    ayo anak-anak indonesia smangat dan brprestasi dan mencapai cita-cita mu di masa depan,,,

  45. yoan says:

    dngan adax matematika,,,kita bisa menghitung,,,,sperti,,,kali”,bagi”,kurang”, dan tambah”…jdi kita jngan malas,dan mengeluh dngan adax matematika,,,ayo smangat,,,,

  46. Anonim says:

    Matematika kurikulum 2013

  47. Crizt0w Naris M says:

    Rumit bngets k. 13 nhi.. Pikiran guru-guru aja msih gelap ap lgi siswanye… Huh… Smga ad jln..

  48. Krizt0w Mali k.r.c. says:

    Mogah Tuhan s’lu mmbka piqran hti kmi muw d kurikulum 2013 ini….
    =>TUHAN MENYERTAI KITA <=

  49. Putri says:

    sebenernya saya tidak terlalu minat dengan matematika. tapi kan kewajiban pelajar ya mempelajari apa yang diajarkan oleh guru 🙂

  50. Anonim says:

    Menurut Sya Pelajrn Matematika Adlh Pelajrn Yg Menyenangkn,, Tpi Sya Mulai Ggp Karna Kuriklm 2013 In Lbh Susah,,

  51. erly says:

    susaaaaahhhh

  52. Reza Permana says:

    saya siswa baru SMK…menurut saya kurikulum 2013 memang agak susah…tpi dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan…jadi itu tergantung kemauan dan ketekunan kita semua 😀

  53. Reza Permana says:

    saya siswa SMK baru…menurut saya…emang kurikulum 2013 agak susah…tapi dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan…jadi kesimpulanya “tergantung kpa kemauan dan ketekunan kita masing-masing ” 🙂 😀

  54. AbCoest says:

    Seharus Nya pemerintah harus mengetahui dulu seberapa Daya Kecerdasan murid,,,, Saya Siswa SMA Global islamic (Kalimantan Tengah) Merasa berat hati karena adanya KRK 2013 Karena Murid Murid sebagian Masih ada yang belum paham dan Waktu nya pun sangat singkat berpindah materi materi,,,Sehingga murid masih banyak yang bingung/belum paham di materi sebelum nya,,,,,,

  55. Anonim says:

    bgmana klo siswa smk ga bsa mnylsaikan 12 bab..

  56. Rifki M R says:

    ada grup/kelas belajar online nya gak pa..??

  57. Fay says:

    Dengan adanya kur. 2013 aku jadi semangat bljr. Cz pljran x menantang !!!

  58. MENGAPA TIDAK ADA PEMBAHASAN TENTANG MATEMATIKA

  59. Anonim says:

    hebat

  60. Anonim says:

    ..kenpa harus pke kurikulum 2013.. kn susah..
    dan tolong dong kalo siswa SMA jurusan ips jgn ada peljarn yang namanya mtematika.. saya kn gak suka matematika.

    • Anonim says:

      ya itu tergantung sama kepribadian orangnya

    • Anonim says:

      menurut saya anda tidak seharusnya bersikap begitu,sebab anda sadari sendiri apakah itu sesuai kemampuan anda atau bukan.dan anda perlu ketahui bahwa terimalah apa yang terjadi

  61. Anonim says:

    saya ingin mengerjakan tugas matematika tapi saya tidak tahu cara kerjanya apakah ada yang mau bantu?

  62. Anonim says:

    Kenapa pas pelajaran matematika gurunya gak jelasin caranya ?

  63. DEKRIS says:

    ITULAH SAYA BOSAN MENJADI GURU MATEMATIKA

  64. Anonim says:

    bagi saya kurekulum 2013.rumit dan tdak mdah untuk bnar pham.

  65. Anonim says:

    matematika bikin hariku minder.

  66. Anonim says:

    menurut saya kurikulum 2013 ini harus di rapatkan dengan pak Nuh

  67. Anonim says:

    pak aku loh bengong sama kurikulum 2013 susah banget tauk . susaaah bangeet pak

  68. Anonim says:

    Kurikulum 2013 bikin bingung….
    By∷ paskalis

  69. enggar says:

    sayangnya bukunya belum keluar jadi siswa tidak bisa dengan mudah belajar. jadi mohon dengan sangat agar buku segera diluncurkan agar kami para pelajar dapat dengan mudah mempelajarinya.

  70. mungkin sebagian besar msih bingung dgn kurikulum 2013, terutama (menurut sy) tekhnik penilaiannya.. ini karena belum terbiasa saja. kalo mau sungguh2, pasti bisa lebih baik…
    Saya pribadi suka, karena siswa bukan hanya menghafal teori, tapi dengan uji coba dan pengalaman menumbuhkan pengetahuan sesuai sk/kd …
    Tp yaitu, bukunya kok belum turun, padahal dah 2014???? jangan2 nyangkut nih anggarannya wkwkwkwk

  71. Anonim says:

    membuka lowongan pekerjaan buat mahasiswa yang kekurangan dana 😀

  72. nusantarabet says:

    bagus juga ada yang seperti ini..

  73. Anonim says:

    kira-kira untuk soal ujian semester matematika yang disediakan rayon itu akan sama ga ya antara soal math sma dan smk yang menggunakan kurikulum 2013?

  74. siti aisyah says:

    Bismillah semangat kurtilas pasti dapat menjadi pedoman kita untuk menjadi lebih baik

  75. Anonim says:

    kalo kita mau belajar bersungguh2 maka kita pasti akan menjadi orng yang berguna bagi orang tua dan masyarakat sekitar rumah mu
    “maka rajin lah berlajar supaya kita tidak rugi di masa mendatang”

  76. Kita (Murid) yakin Pasti Bisa.. Karna Bisa jadi Terbiasa.. Dan Terbiasa Menjadi LUAR BIASA….

    Ayo Kawan” jangan anggap Matematika itu susah.. anggap lah Guru Matematika mu itu adalah orang yang paling kalian sayang… jadi setiap sekolah kita paling tidak sabar menunggu pelajaran Matematika

  77. hilda nugraha says:

    tolong bkinin matematika klas 10

  78. hilda dian nugraha says:

    cba bkin matematika klas 10

  79. Anonim says:

    saya siswa kelas x,menurut saya kurtilas Susah tp bkiN kta lebih mandiri….!

  80. menurut saya kurikulum 2013 ini lebih bagus, karena menguji kerajinan dari siswa tersebut. dan membuat orang yang bodoh dan bandel menjadi malu karna dirinya sendiri dan merasa lebih tersaingi

  81. saya berharap buku siswa secepat di bagikan kepada siswa

  82. lutfiani f. says:

    seharusnya pakai kurikulum lama aja! kurikulum 2013 bikin sy bingung, gk jelas, dan materinya juga gk dijelaskan sama gurunya, gk enak bgt, mana diskolah ada nilai kesopanan lah, keagamaan lah, nilai teman lah, nilai diri sendiri lah, apaan itu! gk jelas bgt 😦

  83. hakipbkrz says:

    terimakash. Ini sangat membantu

  84. Ping-balik: materi sma kelas xi kurikulum 2013 | Kumpulan Modul Pembelajaran Terlengkap

  85. Ping-balik: materi pelajaran sma kelas 10 kurikulum 2013 | Kumpulan Modul Pembelajaran Terlengkap

  86. Ping-balik: materi kimia sma kelas 10 kurikulum 2013 | Kumpulan Modul Pembelajaran Terlengkap

  87. Ping-balik: materi sma kelas x logika matematika | Kumpulan Modul Pembelajaran Terlengkap

  88. Ping-balik: materi pelajaran matematika untuk sma kelas 10 | Kumpulan Modul Pembelajaran Terlengkap

  89. bagai mana kita bisa menguasai semua materi sedangkan buku panduan /paket/modul saja tidak ada.

  90. bega says:

    migrain nih pak jadinya

  91. Anonim says:

    saya baru masuk kelas 10. Sekolah saya memakai kurikulum 2013. Saya belum mendapat buku. Dan belum diajari. Karena baru saja menyelesaikan mos. saya belum merasakan kurikulum 2013. Karena saat smp, adik kelas saya yang mendapat kurikulum 2013.

    Saya meminjam buku kimia dan matematika dari kakak kelas saya. Akhirnya saya tahu bahwa mau tidak mau siswa yg memakai k.13 harus mengandalkan diri sendiri. Jadi sebelum mempelajari bab baru. siswa harus sudah mengerti bab baru itu, dengan cara mempelajari sendiri, mencari solusi dari internet, meminta bantuan guru les. Karena siswa tidak bisa mengandalkan guru. Jadi k.13 menuntut siswa mandiri. bila siswa hanya mengandalkan guru sekolah maka siswa akan ketinggalan pelajaran.

  92. min, mau tanyak, apa ya judul lagu instrumental yg muter otomatis saat kita buka web ini? lagunya enak buat belajar, makasih min 🙂

  93. suprianto says:

    suuuusaaaah bener………

  94. Acys says:

    Apa kh k 2013 tdak membingung kan

  95. Anonim says:

    Sederhanakanlah hasil bilangan berpangkat berikut
    – 2pangkat 5 X 3pangkat 5 X 4²
    ___________________________________________
    12²

  96. Sy senang les matematika,tapi sdkt tdk suka ketika cakar dan tdk dpat hasil.tk

  97. Anonim says:

    wah sUlit BGTTTTTTT
    soal matematikanya!!!!!!!!!!!!!!!!!$_$

  98. merri Bau SMKN1 ATAMBUA says:

    wah sUlit BGTTTTTTT
    soal matematikanya!!!!!!!!!!!!!!!!!$_$

  99. dewi sartika says:

    Mengapa harus memakai k13 , mengapa tidak memakai k6 , tapi saya sangat senang bisa mengikuti k13 , apa saya di ijinkan masuk dalam kurikulum 2013

  100. Pontius says:

    Menurut saya buku matematika K13 ini kurang efektif, karena pelajaranya terlalu berat dan susah diminati oleh siswa.

  101. Anonim says:

    salah satu akar 3xkuadrat-(a-1)x+1=2 adalah 0,, saia butuh jawaban dan cara penyelesaiannya sekrang, bisakan, please

  102. Anonim says:

    saya siswa sma kelas 10
    menurut saya pelajaran mtk sangat susah sekali

  103. Anonim says:

    menurut saya kurikulum 2013 ini sangat sulit dan ribet untuk dipahami
    wkwkwkwk

Terima Kasih Atas Komentar Anda