Sampaikan Masukan Anda Tentang Sekolah di Portal Bantu Sekolahku

bantu sekolahSebuah terobosan yang bagus dan tepat dari Kemendikbud, untuk menampung laporan dari segenap pemerhati pendidikan dan masyarakat luas mengenai keadaan sebuah sekolah di suatu daerah. Di akhir tahun 2012 ini, Kemdikbud dengan dukungan dari Bank Dunia, Uni Eropa dan Kerajaan Belanda mengembangkan sebuah sistem online yang dinamakan dengan “Bantu Sekolahku”. Tujuannya adalah untuk mendorong anggota masyarakat dan komunitas sekolah  termasuk juga pemerintah daerah dan anggota kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk melaporkan kebutuhan-kebutuhan yang penting pada sekolah atau universitas sehingga kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dicatat dan di selesaikan secara sistematis oleh sistem Pendidikan (termasuk Kemdikbud, propinsi, kabupaten/kota dan sekolah  itu sendiri).

Bantu Sekolahku adalah untuk menarik pengetahuan orang tua dan masyarakat, pengalaman dan keinginan untuk meningkatkan institusi kependidikanan dalam langkah konkrit. Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan menyadari dan menghargai fakta bahwa orang tua dan anggota komunitas sering memiliki pengertian yang lebih baik mengenai kebutuhan sekolah dan oleh karena itu bersedia untuk bekerja sama dengan mereka untuk mengatasi kesenjangan dalam kualitas pendidikan pada tingkat sekolah. Dengan adanya peran serta maupun pengawasan dari masyarakat luas, tentu akan memberi banyak manfaat bagi suatu sekolah.

Bantu Sekolahku adalah inisiatif unik pada bagian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengatasi tantangan pengiriman jasa dan kebutuhan akan transparansi dan akuntabilitas melalui penggunaan yang efektif dari ICT dan jaringan sosial. Sistem Bantu Sekolahku akan diintegrasi secara mendalam pada sistem Kemendikbud dan Pemerintah daerah supaya mengakselerasi waktu penyampaian respon dan mempromosikan akuntabilitas yang lebih besar melalui sistem. Desain sistem ini telah di setujui oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Ketua UKMP3 & Staf Khusus Menteri untuk Pengawasan dan Pengembangan Organisasi.

Sistem Bantu Sekolahku akan didukung oleh Peraturan Menteri yang jelas atau setara yang memberi kewenangan tenaga kependidikan di semua tingkatan (pusat, provinsi, kabupaten, dll) untuk mendukung dan menggunakannya, baik utnuk mengecek kebutuhan dan untuk memastikan bahwa kebutuhan tsb terpenuhi. Sistem ini akan disosialisasikan secara luas, di semua tingkat sistem pendidikan (termasuk sekolah). Ingin berpartisipasi silakan daftar di portal Bantu Sekolahku di SINI

 

Artikel Lainnya :

 

Tentang ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Sampaikan Masukan Anda Tentang Sekolah di Portal Bantu Sekolahku

  1. John says:

    saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul , Aerona

Terima Kasih Atas Komentar Anda